Mana Yang Lebih Baik, Belanja Konvensional atau di Toko Online Shop?


Banyak yang memberikan pernyataan tentang lebih baik mana, antara belanja secara konvensional dengan bertatap muka penjual dan pembeli atau belanja di toko online shop. Hal ini tentu cukup memberikan pertanyaan. Bagaimana sebenarnya kelebihan dan kekurangan masing – masing sistem? Berikut adalah ulasannya.

Kelebihan Belanja Secara Konvensional

Berbelanja secara konvensional akan memberikan rasa aman dan nyaman yang lebih, karena pembeli bisa langsung melihat seperti apa barang yang akan dibeli. Barang tersebut bisa dibandingkan fisiknya dan bila memungkinkan bisa dicoba. Jadi, tingkat kekecewaan akan lebih bisa diminimalisir dalam proses belanja konvensional.

Kekurangan Belanja Secara Konvensional

Kekurangan dari proses belanja secara konvensional adalah tidak bisa banyak mencari referensi harga. Misalnya saja jika ingin membandingkan harga di beberapa toko, maka akan menyita banyak waktu. Jadi akhirnya ada kemungkinan mendapat harga yang lebih tinggi dari seharusnya. Selain itu, pilihan jenis benda pun kurang bervariasi. Katalog konvensional tidak terlalu tebal dan memuat beberapa jenis produk saja.

Kelebihan Belanja di Toko Online Shop

Kelebihan belanja di toko online shop adalah bisa memilih lebih banyak benda. Katalog online dapat memuat ratusan bahkan ribuan produk dengan deskripsi dan harga yang variatif. Jadi, calon pembeli bisa membandingkan bahan, model, harga, dan variasi lainnya dari aneka barang yang ditampilkan. Jika tidak cocok, maka pembeli tinggal beralih ke online shop lain karena persaingan mereka juga sangat ketat dalam mengejar omzet. Selain itu, banyak pula promo dan diskon yang ditawarkan sehingga bisa membuat produk lebih murah.

Kekurangan Belanja di Toko Online Shop

Kekurangan belanja di toko online shop adalah lebih rawan penipuan. Penipuan tidak harus bersifat kriminal, misalnya pembeli sudah transfer tetapi barang tidak dikirim. Penipuan juga bisa berupa barang datang tetapi tidak sesuai bahkan sangat jauh dari display. Hal ini disebabkan karena beberapa online shop tidak menggunakan gambar asli produknya dan hanya mengambil gambar dari mesin pencari yang sekiranya mirip dengan produk. Tidak hanya itu, terkait bahan juga kada pelaku online shop yang tidak bertanggung jawab sengaja menurunkan kualitasnya agar memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *