Inidia Tips Mudik Dengan Menggunakan Mobil Pribadi Yang Aman

Kurang lebih 2 bulan lagi musim mudik akan segera tiba. Sehingga semua orang yang akan mudik jauh-jauh haru sudah mepersiapkan segala sesuatunya, baik itu biayanya, barang bawaan, dan kendaraan. Nngomong-ngomong soal kendaraan. Dalam artikel kali ini akan memberikan tips mudik dengan menggunakan mobil pribadi yang aman sebagai berikut :

  1. Periksa Kondisi Kendaraan

Hal penting yang harus anda perhatikan ketika akan mudik menggunakan mobil pribadi adalah mengecek kondisi mobil terlebih dahulu. Untuk itu lakukan cek mobil ke bengkel terdekat. Karena kondisi mobil ini bisa menjadi faktor terpenting dan sangat berpengaruh pada keselamatan anda beserta keluarga selama perjalanan mudik. Dalam hal ini, anda harus periksa mesin, rem, oli, air bag dan roda. Hal ini dilakukan karena banyak terjadi kecelakaan pada saat mudik yang diakibatkan oleh kendaraan yang tidak layak untuk digunakan.

  1. Periksa Kondisi Kesehatan Anda

Selain harsu memreikas kondisi mobil, anda juga harus mengesek kondisi kesehatan anda. Karena apalah artinya kondisi mobil yang prima, tapi anda sebagai pengemudi kondisinya tidak sehat. Tentulah hal itu bisa membahayakan anda dan orang lain. Maka dari itu, pastikan kondisi kesehatan anda dalam keadaaan fit.

  1. Hindari Mengangkut Penumpang Yang Berlebihan

Demi keselamatan serta kenyamanan anda ketika mudik, maka sebaiknya hindari mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas dari mobil anda. Karena pada dasanya, setiap mobil itu didesain untuk mengangkut penumpang atau beban yang sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Karena aklau kelebihan muatan atau beban, selain tidak nyaman juga akan membuat mobil menjadi tidak seimbang sehingga rentan sekali mengalami kecelakaan.

  1. Bawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

Kemacetan dalam mudik adalah sesuatu yang lumrah, bahkan kemacetan ini bisa terjadi berjam-jam bahkan seharian lamanya. Maka dari itu, terutama bagi anda yang membawa anak kecil, untuk membawa makanan serta minuman yang cukup. Sehingga walaupun mobil anda terjebak macet tidak bisa kemana-mana, namun anda beserta keluarga masih bisa makan dan minum sehingga tidak kelaparan dan kehausan.

  1. Aktipkan GPS atau Bawa Peta

Hal ini sangat bermanfat, terutama bagi anda yang tidak hafal dengan jalan, atau ingin mencari jalan alternatif untuk menghindari kemacetan. Maka dari itu, aktifkan selalu GPS atau bawa peta di smartphone anda. Dan pastikan baterai smartphone anda mencukupi untuk melakukan navigasi tersebut.

  1. Patuhi Peraturan Lalu-Lintas

Selama dalam perjalanan ke kampung halaman, maka sebaiknya anda mematuhi semua peraturan lalu-lintas dan mengendari mobil dengan kecepatan normal, tidak usah ngebut karena justru itu akan beresiko terjadinya kecelakaan. Ada pepatah yang mengatakan ‘biar lambat asal selamat’, karena orang tua, saudara, kerabat, serta teman anda di kampung sedang menunggu kedatangan anda beserta keluarga.

  1. Istirahat Saat Merasa Lelah

Perjalanan mudik yang sangat jauh serta macet yang tentunya akan membuat anda kelelahan. Untuk itu, jika anda merasa lelah jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi karena ingin cepat-cepat sampai ke tempat tujuan. Namun, sebaiknya anda istirahat sejenak di rest area yang sudah disediakan, atau di tempat-tempat lainnya yang bisa memungkinkan anda beserta keluarga untuk beristirahat, sembari mau mengisi perut dan sholat. Setelah anda sudah merasa fresh, maka anda bisa melanjutkan kembali perjalanan mudik anda.

Pada umumnya, kecelakaan yang terjadi saat mudik adalah disebabkan oleh kelalaian pengendara. Maka dari itu, untuk meghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik, maka sebaiknya anda mengutamakan keselamatan ketika memutuskan untuk mudik dengan menggunakan mobil pribadi. Bagi anda yang hendak memesan tiket mudik via online, silahkan kunjungi situs Misteraladin.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *